@article{digilib732, volume = {Vol.43}, number = {No.1}, month = {October}, author = {LATHIFUL KHULUQ}, title = {MODERNIZATION OF EDUCATION IN THE LATE OTTOMAN EMPIRE}, publisher = {UIN Sunan Kalijaga}, journal = {Al Jamiah}, year = {2009}, keywords = {modernization, tanzimat, medrese, education}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/732/}, abstract = {Artikel ini berbicara tentang fenomena modernisasi dan westernisasi pendidikan di Turki Usmani yang berpuncak pada era tanzimat pada abad ke-19. Uraian tentang kondisi pendidikan agama tradisional yang dikenal dengan istilah medrese menjelang pemberlakuan program modernisasi pendidikan mengawali tulisan ini sekaligus sebagai latar belakang tulisan ini secara keseluruhan. Bagian ini juga membahas beberapa model lembaga pendidikan tradisional. Beberapa faktor pendorong modernisasi pendidikan dibahas di bagian selanjutnya, baik yang terkait dengan kondisi keterpurukan Turki Usmani dalam bidang militer, politik, sosial, maupun pendidikan itu sendiri. Bagian terakhir berbicara tentang proses modernisasi pendidikan di Turki Usmani, yang dimulai dari sektor militer sebagai program pendidikan untuk mendukung kebutuhan pengembangan kemiliteran. Lembaga pendidikan sipil yang dibentuk pertama dalam kerangka modernisasi pendidikan antara lain adalah sekolah kesehatan dan teknik. Dalam bagian ini juga dibahas tentang hal-hal yang menyertai proses modernisasi tersebut, termasuk faktor-faktor penghambatnya.} }