<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM"^^ . "Fenomena hijrah di kalangan generasi Muslim masa kini tidak lagi sebatas\r\nperpindahan fisik atau perubahan spiritual semata, melainkan telah berkembang\r\nmenjadi strategi membangun citra diri (personal branding) melalui media sosial,\r\nkhususnya Instagram. Media ini memberi ruang bagi individu, figur publik, hingga\r\nkomunitas dakwah untuk menunjukkan proses hijrahnya secara terbuka melalui\r\nkonten visual, narasi motivasional, dan aktivitas keagamaan. Tren tersebut\r\nmenunjukkan adanya transformasi cara menyampaikan nilai-nilai Islam di ranah\r\ndigital. Namun, perkembangan ini juga menimbulkan problem etis mengenai\r\nkeikhlasan niat, risiko komodifikasi ajaran agama, serta reduksi makna hijrah\r\nmenjadi sekadar simbol populer demi popularitas, validasi sosial, atau keuntungan\r\nkomersial. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini merumuskan dua\r\npertanyaan pokok yaitu bagaimana pemaknaan hadis hijrah riwayat Abu Daud No.\r\n2201 ditinjau dari sisi historis dan substansi ajarannya, dan bagaimana pemaknnan\r\nH.R Abu Daud No. 2201 dengan fenomena personal branding menurut Hubert K.\r\nRampersad\r\nMetode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dengan pendekatan studi\r\npustaka terhadap kitab hadis, teori personal branding, serta observasi konten akun\r\nInstagram bertema hijrah. Dengan menggunakan teori personal branding Hubert\r\nK. Rampersad, yang menekankan sepuluh prinsip utama: Keautentikan, Integritas,\r\nKonsistensi, Spesialisasi, Otoritas, Keistimewaan, Relevansi, Visibilitas,\r\nKetekunan, dan Perbuatan Baik. kajian ini menempatkan hadis hijrah riwayat Abu\r\nDaud No. 2201 sebagai landasan normatif untuk menilai bagaimana pembentukan\r\ncitra diri berhijrah di Instagram tetap bersandar pada nilai keotentikan, kredibilitas,\r\nkonsistensi, serta tujuan dakwah yang bernilai ibadah. Integrasi antara hadis dan\r\nteori personal branding menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi sarana\r\ndakwah yang autentik dan strategis selama niatnya dilandasi keikhlasan karena\r\nAllah SWT, bukan demi popularitas semata.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa hadis hijrah tidak hanya menekankan\r\nperpindahan fisik, tetapi juga orientasi niat sebagai dasar penilaian amal. Nilai\r\nkeikhlasan, integritas, dan konsistensi menjadi indikator penting agar personal\r\nbranding hijrah di Instagram tetap bernilai ibadah. pemaknaan hadis hijrah dalam\r\nfenomena digital harus diarahkan pada upaya meninggalkan keburukan menuju\r\nkebaikan dengan niat karena Allah, bukan untuk sekadar pencitraan, sehingga media\r\nsosial dapat menjadi sarana dakwah yang otentik, inspiratif, dan berkelanjutan.\r\nMaka kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemaknaan hadis hijrah dalam\r\nfenomena personal branding di Instagram menunjukkan bahwa nilai hijrah terletak\r\npada niat dan tujuan serta keikhlasan hati, serta hadis tersebut berfungsi sebagai\r\npedoman etis agar personal branding digital dibangun atas dasar keikhlasan,\r\nintegritas, dan penguatan dakwah, bukan demi popularitas semata."^^ . "2025-08-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 23205031004"^^ . "Luthfi Hidayah Nur’aini"^^ . "NIM.: 23205031004 Luthfi Hidayah Nur’aini"^^ . . . . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Text)"^^ . . . . . "23205031004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Text)"^^ . . . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73214 \n\nINTERPRETASI HADIS ABU DAUD NO. 2201 TENTANG HIJRAH DENGAN FENOMENA PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM\n\n" . "text/html" . . . "297.125 Hadis" . .