eprintid: 73228 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/32/28 datestamp: 2025-09-25 05:57:47 lastmod: 2025-09-25 05:57:47 status_changed: 2025-09-25 05:57:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Novita Maharani, NIM.: 21104050017 title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SIMULASI PHET PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN STASIONER UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA ispublished: pub subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: LKPD; gelombang berjalan; gelombang stasioner; keterampilan proses sains; Simulasi PhET note: Rachmad Resmiyanto, S.Si., M.Sc abstract: Penggunaan bahan ajar berupa LKPD berbasis simulasi PhET penting dilakukan untuk mendukung keterampilan proses sains peserta didik, terutama di sekolah dengan keterbatasan fasilitas laboratorium. Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep gelombang dan kurang terasahnya keterampilan proses sains akibat minimnya kegiatan praktikum, sehingga diperlukan alternatif berupa simulasi virtual yang interaktif, mudah diakses, dan mampu memfasilitasi eksperimen secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan LKPD berbasis simulasi PhET pada materi gelombang berjalan dan stasioner guna memfasilitasi keterampilan proses sains peserta didik SMA/MA; (2) Menilai kualitas LKPD tersebut berdasarkan penilaian para ahli; (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD; dan (4) Menguji keterlaksanaannya dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi hingga tahap Develop. Uji coba dilakukan melalui uji coba luas dan uji keterlaksanaan. Instrumen penelitian meliputi angket, lembar validasi, lembar penialain, lembar respons peserta didik, dan lembar keterlaksanaan. Penilaian dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli grafika. Penilaian kualitas dan keterlaksanaan menggunakan skala Likert (1–4), sedangkan respons peserta didik dinilai dengan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik menurut ahli materi (skor 3.6), ahli grafika (3.7), dan guru fisika (3.6). Uji coba menghasilkan skor respons peserta didik sebesar 0.88 (kategori Setuju). Penilaian keterlaksanaan menunjukkan kategori Baik (skor 3) pada aspek menyusun hipotesis, eksperimen, dan kesimpulan, serta kategori Sangat Baik (3.5) pada observasi dan interpretasi. Rata-rata keterlaksanaan secara keseluruhan adalah 3.2 (Baik) dengan kriteria tercapai. date: 2025-08-12 date_type: published pages: 149 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Novita Maharani, NIM.: 21104050017 (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SIMULASI PHET PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN STASIONER UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73228/1/21104050017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73228/2/21104050017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf