TY - THES N1 - Drs. H. Nasruddin Harahap, SU. dan Drs. A. Machfudz Fauzy - Digitalisasi ID - digilib73311 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73311/ A1 - Imas Kania Rahman, NIM.: 91220937 Y1 - 1997/07/24/ N2 - Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan seringkali dipercaya oleh orang tua untuk mendidik anak yang bermasalah. Namun, di dalam pesantren modern, santri yang mayoritas berusia remaja dihadapkan pada berbagai problem kejiwaan dan sosial. Diperlukan sebuah lembaga yang terstruktur untuk membantu santri menghadapi masalah-masalah tersebut. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis problem santri yang ditangani oleh Lembaga Bimbingan dan Penyuluhan (BP) di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, menganalisis proses dan bentuk-bentuk pelaksanaannya, serta mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi non-partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga BP menangani problem santri yang berkaitan dengan aspek moral dan intelektual, melalui kegiatan kolektif seperti bimbingan intensif, ceramah, dan pengarahan umum, serta kegiatan individual seperti konseling. Kendala utama yang dihadapi adalah masalah sumber daya manusia, pendanaan yang tidak teranggarkan secara rutin, serta persepsi negatif dari sebagian santri dan pengurus PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan dan Penyuluhan KW - Santri KW - Pondok Pesantren KW - Remaja KW - Dakwah. M1 - skripsi TI - PENTINGNYA BIMBINGAN DAN PENYULUHAN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT AV - restricted EP - 151 ER -