eprintid: 73326 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/33/26 datestamp: 2025-09-24 05:13:21 lastmod: 2025-09-24 05:13:21 status_changed: 2025-09-24 05:13:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Aprilia Zuri Azni, NIM.: 21104010022 title: PERAN ORANG TUA DAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS IV B DI MI QURROTA A’YUN BLOTAN, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pola asuh orang tua, mata pelajaran Akidah Akhlak, dan karakter islami note: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si. abstract: Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian, moral dan karakter generasi muda. Karakter islami menjadi salah satu aspek yang harus dikembangkan sejak dini agar peserta didik memiliki akhlak yang baik sesuai ajaran Islam. Namun, berdasarkan fakta dilapangan khususnya di kelas IV B MI Qurrota A’yun Blotan menunjukkan adanya beberapa perilaku yang kurang patuh dan kurang mencerminkan karakter islami, seperti tidak fokus saat pembelajaran, berbicara tidak sopan, dan enggan mengerjakan tugas,beberapa peserta didik terlihat berjalan-jalan di dalam kelas, bullying, keluar masuk tanpa izin, tidak memperhatikan penjelasan guru, menggunakan bahasa yang kurang pantas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan, bahkan ada yang memilih berdiam diri tanpa mau mengikuti kegiatan pembelajaran. Fenomena ini menuntut adanya peran aktif dari orang tua dan guru, khususnya guru Akidah Akhlak, dalam membentuk karakter islami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter Islami peserta didik kelas IV B di MI Qurrota A’yun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang mana data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan enam orang tua peserta didik kelas IV B, guru Akidah Akhlak, kepala madrasah dan empat peserta didik kelas IV B MI Qurrota A’yun. Observasi pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui karakter peserta didik dan akhlak saat pembelajaran di kelas. Dokumentasi digunakan sebagai alat pendukung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa peran orang tua sangat dominan dalam pembentukan karakter Islami peserta didik melalui keteladanan, pembiasaan ibadah, dan pola asuh demokratis yang menanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, serta sopan santun. Guru Akidah Akhlak berperan sebagai teladan, motivator, dan pembina karakter melalui pembiasaan religius, nasihat, serta pendekatan interaktif. Faktor pendukung pembentukan karakter Islami meliputi keterlibatan orang tua, rutinitas ibadah di rumah, keharmonisan keluarga, dan program keagamaan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya keterlibatan orang tua, minimnya pengawasan pergaulan dan teknologi, serta keterbatasan sarana pembelajaran. Sinergi keluarga, sekolah, dan lingkungan menjadi kunci keberhasilan pembentukan karakter Islami peserta didik. Kata kunci: Pola asuh orang tua, mata pelajaran Akidah Akhlak, dan karakter islami. date: 2025-08-20 date_type: published pages: 149 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aprilia Zuri Azni, NIM.: 21104010022 (2025) PERAN ORANG TUA DAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS IV B DI MI QURROTA A’YUN BLOTAN, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73326/1/21104010022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73326/2/21104010022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf