TY - THES ID - digilib7333 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7333/ A1 - ULFA CHOIRIYANI UDIN , NIM. 08690070 Y1 - 2012/11/01/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sintaks pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan karakter kepada siswa, dan mengetahui keterlaksanaan sintaks penanaman karakter dalam proses pembelajaran fisika. Penelitin ini merupakan penelitian pengembangan instruksional dengan model Instructional Development Institute (IDI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Penanaman karakter pada nilai religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, komunikatif, dan tanggung jawab. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIIE SMP N 1 Ngawen Klaten semester genap tahun ajaran 2011/2012. Data pelaksanaan pembelajaran di analisis dengan analisis deskriptif, sementara keterlaksanaan penanaman karakter dianalisis berdasarkan penelitian kuantitatif. Sintaks pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan karakter pada siswa yaitu sintaks pembelajaran fisika dengan metode bridging heart and mind. Keterlaksanaan sintaks penanaman karakter pada siswa dalam pembelajaran fisika terhadap nilai religius: 72,3%; nilai toleransi: 72,8%; nilai disiplin: 70,3%; nilai kreatif: 73,8%; nilai mandiri: 89,5%; nilai komunikatif: 72,8%; nilai tanggung jawab: 70%. Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa metode bridging heart and mind dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran fisika dengan menanamkan nilai karakter untuk siswa SMP Negeri 1 Ngawen Klaten. Kata Kunci : Karakter, Metode Bridging Heart and Mind PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN METODE BRIDGING HEART AND MIND DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 NGAWEN KLATEN AV - restricted ER -