TY - THES N1 - Dr. Sulistyawati, S.Pd., M.Si. ID - digilib73382 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73382/ A1 - Febrian Rida Fadillah, NIM.: 21104070059 Y1 - 2025/08/13/ N2 - Pembelajaran biologi sering menjadi tantangan bagi siswa karena materi yang kompleks, khususnya pada sistem ekskresi, serta minimnya penggunaan media interaktif yang menyebabkan siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Truth or Dare Play (ToDP) serta menguji tingkat kelayakan dan kepraktisannya dalam pembelajaran sistem ekskresi ginjal pada siswa SMA/MA. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang difokuskan hingga tahap development. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Uji kelayakan dilakukan oleh dua dosen ahli materi dan dua dosen ahli media, sedangkan uji kepraktisan melibatkan dua guru biologi serta 15 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Analisis data menggunakan rumus Aiken?s V untuk validasi ahli dan guru, Pearson Product Moment untuk validasi siswa, serta Alpha Cronbach untuk uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ToDP tergolong sangat layak, dengan nilai validitas ahli materi 0,85 dan reliabilitas 0,98, serta validitas ahli media 0,967 dan reliabilitas 0,943. Uji kepraktisan juga menunjukkan hasil sangat baik, dengan validitas guru 0,992 dan reliabilitas 0,944, serta validitas siswa 0,682 dan reliabilitas 0,909. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media ToDP layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi, serta berpotensi meningkatkan minat, motivasi, dan keterlibatan siswa pada materi sistem ekskresi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pengembangan media; Kartu Truth or Dare Play (ToDP); sistem ekskresi M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KARTU TRUTH OR DARE PLAY (TODP) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA SMA/MA AV - restricted EP - 178 ER -