eprintid: 73383 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/33/83 datestamp: 2025-09-26 03:02:17 lastmod: 2025-09-26 03:02:17 status_changed: 2025-09-26 03:02:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Lukman Nur Rohman, NIM.: 21204011069 title: TREN DAN IMPLIKASI MODERASI BERAGAMA, LITERASI DIGITAL, DAN KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: 297.28 divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: Moderasi Beragama; Literasi Digital; Keterampilan Mengajar; Bibliometrik note: Dr. Adhi Setiyawan, M.Pd. abstract: Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah belum terpetakannya secara sistematis keterkaitan antara moderasi beragama, literasi digital, dan keterampilan mengajar dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Selama ini, kajian mengenai ketiga konsep tersebut umumnya dilakukan secara terpisah. Hal ini menyebabkan belum munculnya pendekatan integratif dalam pengembangan pembelajaran yang adaptif dan transformatif, khususnya di era digital saat ini. Padahal, dalam praktik pendidikan Islam, nilai-nilai moderasi, kecakapan digital, dan kemampuan pedagogis sangat penting untuk dihadirkan secara bersamaan agar proses pembelajaran lebih kontekstual, toleran, dan relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan tren, tema, dan struktur pengetahuan terkait moderasi beragama, literasi digital, dan keterampilan mengajar dalam dinamika pendidikan Islam melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dan analisis bibliometrik. Data diperoleh dari database Scopus tanpa pembatasan tahun, menggunakan kata kunci “religious moderation,” “digital literacy,” dan “teaching skill.” Sebanyak 279 artikel jurnal berbahasa Inggris dianalisis menggunakan perangkat VOSviewer dan Bibliometrix R Studio. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan jumlah publikasi secara signifikan dalam satu dekade terakhir, dengan topik-topik utama seperti pendidikan karakter, kompetensi guru abad ke-21, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bernilai. Analisis tematik juga memperlihatkan adanya keterhubungan erat antara nilai-nilai moderasi, kecakapan literasi digital, dan praktik pedagogis, meskipun kolaborasi antarpenulis dan antarnegara masih terbatas. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam memperluas cakupan kajian integratif di bidang PAI, serta kontribusi praktis berupa peta penelitian yang dapat dijadikan acuan kebijakan pendidikan dan pengembangan profesional guru. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan rancangan awal pengembangan instrumen konseptual berdasarkan klaster tematik hasil analisis dendogram, yang dapat digunakan untuk mengevaluasi integrasi moderasi beragama, literasi digital, dan keterampilan mengajar dalam praktik pendidikan Islam. date: 2025-08-26 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Lukman Nur Rohman, NIM.: 21204011069 (2025) TREN DAN IMPLIKASI MODERASI BERAGAMA, LITERASI DIGITAL, DAN KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73383/1/21204011069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73383/2/21204011069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf