eprintid: 73495 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/34/95 datestamp: 2025-09-30 05:01:14 lastmod: 2025-09-30 05:01:14 status_changed: 2025-09-30 05:01:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Sri Nuryati Hidayatun Khairiyah, NIM.: 9241 2018 title: STUDI TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM REMEDIAL TERHADAP ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR BERMASALAH DI PANTI SOSIAL PETIRAHAN ANAK KALIURANG YOGYAKARTA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN ispublished: pub subjects: 372.2 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: program remedial; anak bermasalah; panti sosial. note: Drs. H. Soeyadi abstract: Pendidikan merupakan sebuah proses yang tidak terlepas dari berbagai faktor internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi kelancarannya. Kegagalan anak dalam belajar tidak semata-mata disebabkan oleh tingkat kecerdasan mereka, melainkan juga oleh berbagai masalah atau kendala yang dihadapi. Untuk menanggulangi permasalahan ini, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem pengayaan dan perbaikan (remedial). Penelitian ini berlatar belakang pada Panti Sosial Petirahan Anak Kaliurang (PSPAK) yang menjadi tempat bagi anak-anak bermasalah, di mana pendidikan agama menjadi salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program remedial Pendidikan Agama Islam (PAI) di PSPAK. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memahami masalah dan hambatan dalam pelaksanaannya serta untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan program tersebut dalam membantu anak-anak bermasalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif non-statistik dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan, wawancara bebas terpimpin, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pimpinan PSPAK, guru PAI, karyawan/pengasuh, serta anak didik PSPAK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik populasi, di mana seluruh subjek penelitian dilibatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial PAI di Panti Sosial Petirahan Anak Kaliurang bertujuan untuk meningkatkan taraf penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, serta memperbaiki kondisi kepribadian mereka. Pelaksanaan program ini juga berupaya untuk meningkatkan prestasi dan kualitas pendidikan anak secara keseluruhan. Hambatan utama yang dihadapi dalam pelaksanaan program remedial adalah keterbatasan waktu dan masalah internal yang masih dihadapi oleh sebagian anak didik. Faktor pendukung program ini adalah sarana prasarana yang memadai, dukungan dari berbagai pihak, dan motivasi anak didik yang tinggi, yang membantu mengoptimalkan pelaksanaan program tersebut. date: 1997-08-01 date_type: published pages: 145 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sri Nuryati Hidayatun Khairiyah, NIM.: 9241 2018 (1997) STUDI TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM REMEDIAL TERHADAP ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR BERMASALAH DI PANTI SOSIAL PETIRAHAN ANAK KALIURANG YOGYAKARTA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73495/1/92412018_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73495/2/92412018_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf