%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Badowi, NIM.: 92412067 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 1999 %F digilib:73505 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K progra kerja; guru; sarana non fisik %P 119 %T SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73505/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya supervisi pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pengajaran, terutama karena kurangnya profesionalisme guru. Madrasah yang ada di wilayah Kecamatan Balapung semuanya berstatus swasta yang pada umumnya diselenggarakan oleh oleh Yayasan. Masalah yang dihadapi penilik adalah kurangnya sarana administrasi dan kebutuhan madrasah swasta yang tidak diperhatikan oleh yayasan, yang dapat menghambat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Balapulang serta efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan datanya adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari dua orang penilik, sepuluh kepala madrasah, dan 75 guru MI. Pelaksanaan supervisi pendidikan agama Islam di MI Kecamatan Balapulang secara keseluruhan berjalan dengan baik, karena telah memenuhi ketentuan supervisi pendidikan. Hal ini didukung oleh sistem pengorganisasian personal, koordinasi, dan teknik evaluasi yang baik. Efektivitas supervisi menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan nilai rata-rata kuantitatif guru mencapai 81,6. Berdasarkan teori, angka di atas 80% menunjukkan efektivitas, dan 75% guru menyatakan pelaksanaan supervisi efektif. %Z Drs. H. Sardjuli