@phdthesis{digilib73508, month = {July}, title = {HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SISWA MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 92412168 Futihatun}, year = {1997}, note = {Prof. drs. H. Anas Sudijono}, keywords = {sumber belajar; prestasi belajar; aqidah akhlaq}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73508/}, abstract = {Sistem belajar-mengajar melibatkan berbagai komponen yang saling berinteraksi, salah satunya adalah sumber belajar. Penelitian ini didasari oleh kondisi terbatasnya waktu pembelajaran di sekolah, khususnya untuk mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Hal ini menyebabkan pengetahuan siswa hanya bergantung pada guru , padahal seharusnya sistem Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) membuat siswa tidak hanya bergantung pada guru dan mengandalkan pengetahuan yang diperoleh dari guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sumber belajar yang digunakan oleh siswa MTs YAPI Pakem terhadap prestasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui fasilitas sumber belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq yang dimiliki oleh MTs YAPI Pakem. 2. Mengetahui sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs YAPI Pakem. 3. Mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh siswa MTs YAPI Pakem dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq. 4. Membuktikan ada atau tidaknya hubungan positif yang signifikan antara penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif (statistik). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Aqidah Akhlaq, serta siswa kelas I dan II MTs YAPI Pakem. Hasil penelitian ini Adalah MTs YAPI Pakem memiliki sumber belajar Aqidah Akhlag yang lengkap dan pemanfaatan sumber belajar tersebut masih rendah. Ditemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa MTs YAPI Pakem. Hipotesa yang diajukan yaitu "terdapat korelasi positif yang signifikan antara penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa MTs YAPI Pakem" diterima.} }