@phdthesis{digilib73513, month = {July}, title = {PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS II DI SMP MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 92421971 Muhammad Abduh}, year = {2000}, note = {Drs. Maksudin}, keywords = {Pengajaran Bahasa Arab; belajar mengajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73513/}, abstract = {Dalam dunia pendidikan modern, pengajaran menjadi bagian krusial dalam pendidikan. Kualitas pengajaran di sekolah terkait erat dengan faktor-faktor seperti tujuan, pendidikan, peserta didik, materi, media, metode, dan evaluasi. Pengajaran Bahasa Arab merupakan salah satu bidang studi fundamental yang sangat penting, karena melalui pengajaran ini siswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan, landasan moral, dan keagamaan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perencanaan dan pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses perencanaan dan pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab yang dilakukan oleh guru di SMP Muhammadiyah Bandongan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui metode-metode mengajar yang digunakan untuk menyampaikan materi Bahasa Arab di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research). Populasi penelitian adalah kepala sekolah, staf, guru Bahasa Arab, dan 120 siswa kelas II tahun ajaran 1999/2000. Penulis menggunakan metode sampling untuk mengambil 72 siswa (60\%) dari total populasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, kuesioner, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan Metode Analisis Data Statistik Deskriptif. Analisis ini bersifat kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Bandongan telah berjalan sesuai dengan kurikulum SMP 1994. Hal ini didukung oleh adanya persiapan guru, pembuatan rencana pengajaran, dan penguasaan bahan pelajaran. Metode pengajaran yang digunakan guru menunjukkan variasi yang memadai untuk mendukung tujuan pembelajaran. Guru juga disarankan untuk memilih dan menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan materi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.} }