TY - THES N1 - Drs. H. Mujahid, M.Ag. ID - digilib73540 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73540/ A1 - Fatihatul Khasanah, NIM.: 21104010030 Y1 - 2025/08/11/ N2 - Fenomena globalisasi yang kian merebak membawa tantangan besar bagi umat Islam terhadap pola pikir dan gaya hidup generasi muda, yang berpotensi menjauh dari nilai-nilai keimanan dan ajaran Al-Qur?an. Melihat kondisi tersebut, Sekolah Otak Kanan Daerah Istimewa Yogyakarta hadir dengan konsep pendidikan berbasis fitrah yang bertujuan untuk mencetak generasi Qur?ani, yaitu generasi yang tidak hanya mampu dalam membaca dan menghafal Al-Qur?an saja, tetapi juga mampu mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari sesuai fitrah dan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai fitrah yang diimplementasikan di Sekolah Otak Kanan Yogyakarta, mendeskripsikan proses implementasi pendidikan berbasis fitrah dalam mencetak generasi Qur?ani, serta mengungkap manfaat dari penerapan pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui proses field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan pendiri sekolah, kepala sekolah, kepala kurikulum, kepala bagian administrasi dan guru. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) nilai-nilai fitrah yang diimplementasikan di Sekolah Otak Kanan meliputi fitrah keimanan, fitrah belajar dan bernalar, fitrah perkembangan, fitrah seksualitas dan cinta, fitrah estetika dan bahasa, fitrah individualitas dan sosialitas, fitrah jasmani, serta fitrah bakat dan kepemimpinan; (b) implementasi pendidikan berbasis fitrah dilakukan dengan membangun lingkungan belajar yang menyenangkan, pembelajaran dengan kisah, tidak ada paksaan menghafal, mengutamakan keteladanan, bermain bersama anak, dan menghargai setiap pencapaian kecil, serta kolaborasi bersama orang tua; (c) manfaat dari penerapan pendidikan berbasis fitrah di sekolah ini antara lain menumbuhkan kecintaan anak terhadap Al-Qur?an dan Allah sejak dini, membentuk karakter Islami yang sesuai perkembangan fitrahnya, memaksimalkan potensi bawaan anak secara optimal, serta menghindarkan anak dari tekanan pendidikan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan mereka. Kata Kunci: Pendidikan Berbasis Fitrah, Generasi Qur?ani, Pendidikan Anak Usia Dini. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Berbasis Fitrah KW - Generasi Qur?ani KW - Pendidikan Anak Usia Dini. M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS FITRAH DALAM MENCETAK GENERASI QUR?ANI DI SEKOLAH OTAK KANAN YOGYAKARTA (PRASEKOLAH) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025 AV - restricted EP - 165 ER -