@phdthesis{digilib73543, month = {July}, title = {STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SD MBS PRAMBANAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080064 Aini Salsabila}, year = {2025}, note = {Dra. Asnafiyah M.Pd.}, keywords = {Strategi Guru, Kemampuan Membaca Permulaan, Faktor Pendukung dan Penghambat, Sekolah Dasar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73543/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan membaca sebagai dasar bagi peserta didik dalam memahami pelajaran lain. Kemampuan membaca yang baik harus dimiliki sejak dini. Namun, pada kenyataannya, masih ditemukan peserta didik yang mengalami keterlambatan dalam menguasai kemampuan membaca permulaan. Diperlukan strategi yang tepat dari guru untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Guru kelas I SD MBS Prambanan menerapkan beberapa strategi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, di antaranya adalah strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung. Faktor-faktor pendukung strategi guru mencakup tujuan pembelajaran yang terarah, materi ajar (buku Tuntas Baca), fasilitas pembelajaran yang cukup mendukung, serta guru yang dapat memahami kebutuhan peserta didik dan dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Faktor penghambat berasal dari rendahnya motivasi siswa serta kurangnya dukungan orang tua dalam mendampingi anak membaca di rumah. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi yang adaptif serta kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca Permulaan, Faktor Pendukung dan Penghambat, Sekolah Dasar} }