%0 Thesis %9 Skripsi %A Achmad Fatachudin, NIM.: 18104020081 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:73547 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Ismiyyah, Fi’liyyah, Metode Pembelajaran, Al-Waqi‘Ah %P 108 %T ANALISIS JUMLAH ISMIYYAH DAN FI’LIYYAH DALAM SURAH AL-WAQI‘AH SERTA METODE PEMBELAJARANNYA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73547/ %X Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah merupakan dua unsur utama dalam penyusunan kalimat berbahasa Arab, sehingga menjadikannya penting untuk dipelajari karena sebagai pondasi utama. Al-Qur’ān sebagai pedoman wajib dipelajari bagi setiap umat muslim, dan dalam Al-Qur’ān terdapat banyak sekali contoh jumlah ismiyyah dan fi’liyyah. Termasuk juga dalam surat Al-Wāqi‘ah tersusun dari beberapa jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, serta kepopuleran surat ini menjadikannya mudah untuk diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk jumlah ismiyyah dan fi’liyyah dalam surah Al-Wāqi‘ah, sekaligus mengkaji relevansi metode pembelajaran nahwu dalam mengajarkan materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) dengan sumber utama mushaf Al-Qur’ān serta literatur pendukung berupa kitab nahwu, jurnal, dan karya ilmiah lainnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 96 ayat surah Al-Wāqi‘ah, ditemukan 74 jumlah, terdiri dari 35 jumlah ismiyah dan 39 jumlah fi’liyah. Analisis ini memperlihatkan variasi pola sintaksis yang menunjukkan kekayaan struktur bahasa Al-Qur’ān, serta menegaskan perlunya pemahaman mendalam terhadap ilmu nahwu dalam pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kajian linguistik Arab, sekaligus menjadi acuan praktis bagi guru dan siswa dalam memahami struktur kalimat Arab melalui contoh-contoh Al-Qur’ān. Pembelajaran jumlah ismiyyah dan fi’liyyah dapat dilaksanakan melalui metode deduktif, yang juga dikenal sebagai metode kaidah. Metode ini merupakan salah satu cara paling klasik dalam pengajaran ilmu nahwu. %Z Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.