eprintid: 73549 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/35/49 datestamp: 2025-10-06 01:46:01 lastmod: 2025-10-06 01:46:01 status_changed: 2025-10-06 01:46:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Alivia Izazi Aqmarima, NIM.: 19104040047 title: PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ispublished: pub subjects: 510.7 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Self-Confidence, Disposisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematika note: Nidya Ferry Wulandari M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) bagaimana pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) bagaimana pengaruh self-confidence dan disposisi matematis siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional-kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di tiga sekolah di Kabupaten Bantul yang memiliki kategori nilai ASPD tinggi, sedang, dan rendah. Sampel yang digunakan sebanyak 78 siswa pada seluruh sekolah tersebut, dengan metode pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu skala self-confidence dan disposisi matematis, serta tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS 27. Hasil analisis menunjukkan: 1) Pada sekolah kategori tinggi, self-confidence menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pada sekolah kategori sedang dan rendah, self-confidence tidak berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Pada sekolah kategori tinggi, disposisi matematis menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pada sekolah kategori sedang dan rendah, disposisi matematis tidak berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa 3) Pada sekolah kategori tinggi, self-confidence dan disposisi matematis secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pada sekolah kategori sedang dan rendah, self-confidence dan disposisi matematis secara bersama-sama, tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. date: 2025-08-20 date_type: published pages: 190 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Alivia Izazi Aqmarima, NIM.: 19104040047 (2025) PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73549/1/19104040047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73549/2/19104040047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf