relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73550/ title: STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL creator: Zakiya Al-Qoyyimi, NIM.: 21104010095 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Efikasi diri adalah keyakinan yang dimiliki individu untuk menyelesaikan tugas, menghadapi tantangan dan mencapai tujuan yang diingankan. Pentingnya mengembangkan efikasi diri pada diri peserta didik sebagai bekal untuk menghadapi tantangan akademik maupun non akademik yang dihadapinya. Guru memiliki peran penting untuk mengembangkan efikasi diri peserta didik, dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan efikasi diri peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui keadaan efikasi diri peserta didik. 2) mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan efikasi diri peserta didik. 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan efikasi diri peserta didik kelas VII pada pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam kepada guru dan peserta didik kelas VII, observasi pembelajaran di kelas serta dokumentasi terkait dengan strategi guru dalam mengembangkan efikasi diri peserta didik kelas VII. Proses analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data yang telah diperoleh, menyeleksi data yang berfokus pada strategi guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan efikasi diri peserta didik, melakukan penyajian data yang telah merangkum dan memberikan kesimpulan atas data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya 1) keadaan efikasi diri peserta didik kelas VII pada pembelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah Banguntapan tergolong pada kategori rendah, terutama pada dimensi umun dan kekuatan. 2) Strategi guru dalam mengembangkan efikasi diri peserta didik diantarnya menyusun prosedur pembelajaran yaitu dengan membuat modul ajar yang menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif sesuai dengan karakteristik peserta didik. Guru membimbing peserta didik menetapkan tujuan pembelajaran, senantiasa memberikan motivasi, nasehat dan dukungan bagi peserta didik. Guru juga berkomitmen untuk menjadi contoh teladan bagi peserta didiknya. Sekolah juga bekerjasama dengan Fakultas Psikologi UAD. 3) Faktor pendukung dalam pengembangan efikasi diri yaitu dukungan guru dan orang tua, lingkungan sekolah, karakteristik peserta didik dan sarana prasarana yang memadahi. Faktor penghambat pengembangan efikasi diri peserta didik yaitu kontrol emosional dalam diri peserta didik dan juga lingkungan keluarga dan sosial. date: 2025-08-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73550/1/21104010095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73550/2/21104010095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Zakiya Al-Qoyyimi, NIM.: 21104010095 (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.