eprintid: 73561 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/35/61 datestamp: 2025-10-06 02:21:04 lastmod: 2025-10-06 02:21:04 status_changed: 2025-10-06 02:21:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Hafif Syihamuddin, NIM.: 23204021019 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KAHOOT PADA SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA METRO LAMPUNG TA. 2024-2025 ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Media Interaktif, Kahoot, Model, Bahasa Arab, Pembelajaran Digital note: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Kota Metro menghadapi berbagai tantangan mendasar yang berakibat pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Metode dan media pembelajaran yang masih konvensional dan monoton menjadi masalah utama. Padahal, sekolah telah memiliki fasilitas teknologi seperti smartphone, laptop, dan LCD proyektor, namun pemanfaatannya belum optimal untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektifitas media pembelajaran bahasa Arab digital kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Metro lampung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Kota Metro Lampung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validasi kelayakan media pembelajaran bahasa Arab digital kahoot dilakukan oleh dua validator ahli, yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Untuk menguji efektifitas produk, digunakan metode eksperimen one-group pre- test post- test dengan teknik analisis data menggunakan paired sample t- test dan perhitungan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab dengan kahoot yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan validasi ahli materi (87,06%) dan ahli media (81,33%). Uji efektivitas menggunakan paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan antara nilai pre-test (rata-rata 56,67) dan post-test (rata-rata 76,39), dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Analisis N-Gain juga menunjukkan peningkatan sedang (47,11%), mengindikasikan bahwa media ini cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. date: 2025-08-29 date_type: published pages: 157 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Hafif Syihamuddin, NIM.: 23204021019 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KAHOOT PADA SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA METRO LAMPUNG TA. 2024-2025. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73561/1/23204021019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73561/2/23204021019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf