%A NIM.: 18106090006 Arum Kusuma Wardani %O Dr. Murtono, M.Si. %T PENGARUH GAYA BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 JATINOM KLATEN %X Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) berperan penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis, logis, dan ilmiah peserta didik. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA sehingga hasil belajar belum optimal. Faktor internal, seperti gaya belajar dan efikasi diri, diduga berkontribusi terhadap kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Jatinom Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 34 siswa yang ditentukan dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket gaya belajar dan efikasi diri menggunakan skala Likert, serta dokumentasi nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) IPA. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat (normalitas, linearitas, dan multikolinearitas), kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA (sig. = 0,605 > 0,05), efikasi diri juga tidak berpengaruh signifikan (sig. = 0,402 > 0,05), dan keduanya secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA (sig. = 0,495 > 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,044 yang berarti kontribusi kedua variabel hanya sebesar 4,4% terhadap hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar dan efikasi diri bukan merupakan faktor dominan dalam menentukan hasil belajar IPA siswa, sehingga faktor eksternal maupun faktor internal lainnya perlu mendapat perhatian lebih lanjut. %K learning style; self-efficacy; science learning outcomes %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73619