relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73623/ title: ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TERHADAP TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISBAH) creator: Aldy Firmansyah, NIM.: 21104010028 subject: 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) description: Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada generasi muda sangat penting dalam membentuk karakter dan moralitas yang sesuai dengan ajaran Islam. Surah Luqman ayat 12–19 mengandung petuah bijak dari Luqman kepada anaknya yang sangat relevan dengan pembentukan karakter Islam, seperti syukur kepada Allah, tauhid, berbakti kepada orang tua, serta akhlak yang mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surah Luqman ayat 12–19 menurut Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Misbah serta untuk menjelaskan implikasi nilai-nilai tersebut terhadap strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Data diperoleh melalui kajian terhadap Tafsir Al-Azhar karya Hamka dan Tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab yang membahas ayat-ayat Surah Luqman tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis isi (content analysis), untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kedua tafsir tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Surah Luqman ayat 12–19 mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang meliputi: (1) syukur kepada Allah, (2) larangan syirik, (3) berbakti kepada orang tua, (4) kewajiban menegakkan shalat dan amar ma’ruf nahi munkar, (5) rendah hati dan menghindari kesombongan, serta (6) kesederhanaan dalam bersikap. Nilai-nilai ini mengajarkan penguatan aqidah, ibadah, serta akhlak yang baik. Implikasi terhadap strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain meliputi penerapan metode ekspositori untuk menekankan syukur kepada Allah (ayat 12 dan 17), pembelajaran berbasis masalah untuk mengatasi syirik dan kemungkaran (ayat 13 dan 16), serta strategi kooperatif dan kontekstual untuk menanamkan nilai bakti kepada orang tua dan akhlak sosial yang mulia (ayat 14, 15, 18, 19). Penelitian ini menyarankan agar nilai-nilai pendidikan Islam tersebut diinternalisasi dalam kehidupan siswa, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. date: 2025-08-14 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73623/1/21104010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73623/2/21104010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Aldy Firmansyah, NIM.: 21104010028 (2025) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TERHADAP TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISBAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.