TY - THES N1 - Syarif Hidayatullah, S.Ag.,M.Ag.,M.A. ID - digilib73624 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73624/ A1 - Imam Satria, NIM.: 21104010035 Y1 - 2025/08/20/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terjadinya dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum dalam dunia pendidikan, yang berdampak pada kurangnya integrasi nilai spiritual dalam proses pembelajaran. Konsep Islamisasi ilmu pengetahuan yang digagas oleh Ismail Raji Al-Faruqi menawarkan solusi melalui penegasan bahwa seluruh ilmu bersumber dari wahyu Ilahi dan harus dikembangkan dalam bingkai tauhid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep Islamisasi ilmu menurut Al-Faruqi, menganalisis relevansinya terhadap desain kurikulum Pendidikan Islam di SD Budi Mulia Dua Panjen, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus filosofis. Sumber data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik, yang meliputi sumber primer berupa buku Islamization of Knowledge karya Ismail Raji Al-Faruqi, serta sumber sekunder dari buku-buku dan jurnal ilmiah terkait. Selain itu, data lapangan dihimpun melalui wawancara dengan tujuh informan, yaitu Kepala Sekolah (1 orang), Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum (1 orang), Wakil Kepala Sekolah bidang kegiatan (1 orang), Guru Pendidikan Agama Islam (1 orang), Guru mata pelajaran umum (1 orang), serta siswa (2 orang). Teknik pengumpulan data juga dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Islamisasi ilmu menurut Al- Faruqi bertumpu pada lima landasan konseptual yakni keesaan Allah, kesatuan penciptaan, kesatuan kebenaran dan pengetahuan, kesatuan kehidupan, serta kesatuan umat manusia dan diwujudkan melalui dua belas langkah operasional. Di SD Budi Mulia Dua Panjen, integrasi ilmu agama dan umum terejawantah dalam kurikulum integratif yang memadukan nilai-nilai Islam pada mata pelajaran umum, pembiasaan ibadah, kegiatan keagamaan, ekstrakurikuler, serta keteladanan guru. Meski demikian, tidak semua langkah Islamisasi sepenuhnya terimplementasi, khususnya pada aspek survei permasalahan umat Islam dan umat manusia secara sistematis. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum di sekolah tersebut sejalan dengan gagasan Al-Faruqi, meskipun masih memiliki ruang untuk pengembangan agar lebih komprehensif dalam menjawab kebutuhan umat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Ismail Raji Al-Faruqi; Kurikulum Pendidikan Islam; tauhid; integrasi ilmu M1 - skripsi TI - KONSEP ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN PERSPEKTIF ISMAIL RAJI AL-FARUQI (1921-1986) DAN RELEVANSINYA TERHADAP DESAIN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 307 ER -