%A NIM.: 21104030063 Nella Novelita Shanti %O Dr. Hj. Hibana, S.Ag., M.Pd. %T IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA LOOSE PART DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum yang menjadikan pembelajaran melibatkan dan memberikan pegalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, menggunakan sumber belajar yang nyata dan ada dilingkungan sekitar. Pemanfaatan media loose part, menjadi salah satu media yang digunakan dalam meningkatan kemampuan keaksaraan awal anak dikarenakan media yang konkrit dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi pembelajaran loose part di RA DWP UIN Sunan Kalijaga serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pemanfaatan media loose part dalam meningkatan keaksaraan awal anak di RA DWP UIN Sunan Kalijaga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ialah Kepala Sekolah dan Guru Pamong RA DWP UIN Sunan Kalijaga dengan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan dengan credibility dengan cara triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi pemanfaatan media loose part dapat meningkatan kemampuan keaksaraan awal hal tersebut terlihat anak dapat mengenal simbol huruf, mengenal angka dan berhitung dengan menggunakan media loose part, menyusun kata menggunakan media loose part, dan memanfaatkan media loose part sebagai alat tulis. Dalam implementasi pemanfaatan media loose part terdapat faktor pendukung yaitu waktu, kesiapan anak, persiapan guru, dan media loose part. Faktor penghambatnya yaitu persiapan guru yang kurang, media loose part yang kurang lengkap, waktu, dan faktor diri anak sendiri. %K Media Loose Part; Keaksaraan Awal %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73629