<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI"^^ . "Siswa tuli sebagai bagian dari pendidikan inklusi menghadapi hambatan dalam pembelajaran matematika akibat keterbatasan bahasa dan komunikasi, yang dapat menimbulkan kecemasan matematis serta berdampak pada kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecemasan matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tuli di kelas inklusi.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecemasan matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tuli di kelas inklusi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling, dengan subjek penelitian terdiri dari tiga siswa tuli di SMAN 1 Sewon. Instrumen penelitian meliputi angket kecemasan matematis, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, serta pedoman wawancara terkait kedua variabel tersebut. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.\r\nSiswa tuli menunjukkan kecemasan matematis dalam bentuk hambatan pemahaman konsep akibat keterbatasan bahasa dan komunikasi yang menurunkan kepercayaan diri. Gejala somatik (gemetar, keringat dingin) muncul dalam kondisi tertentu seperti ujian atau keterbatasan waktu. Dari indikator kognitif, siswa sering mengalami pikiran kosong, sulit konsentrasi, dan lupa rumus. Namun demikian, sikap siswa terhadap matematika tetap cenderung positif meskipun partisipasi mereka belum optimal. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tuli cenderung lebih terlihat melalui penjelasan lisan dibandingkan tertulis. Pada indikator memahami masalah, sebagian siswa mampu mengidentifikasi informasi meski belum lengkap. Pada indikator membuat rencana, kemampuan siswa bervariasi, dengan kecenderungan lebih kuat secara lisan. Pada indikator melaksanakan rencana, siswa cukup mampu mengerjakan meski masih terjadi kesalahan kecil. Pada indikator memeriksa kembali, sebagian siswa sudah dapat meninjau hasil, tetapi ada yang masih ragu atau kesulitan karena keterbatasan pada indikator sebelumnya."^^ . "2025-08-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104040003"^^ . "Gading Julio Perkasa"^^ . "NIM.: 21104040003 Gading Julio Perkasa"^^ . . . . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Text)"^^ . . . . . "21104040003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Text)"^^ . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73630 \n\nANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TULI DI KELAS INKLUSI\n\n" . "text/html" . . . "510.7 Pendidikan Matematika" . .