eprintid: 73633 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/36/33 datestamp: 2025-10-10 01:28:09 lastmod: 2025-10-10 01:28:09 status_changed: 2025-10-10 01:28:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Mufidatunnisa, NIM.: 21104050035 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN DOMINO CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG ispublished: pub subjects: 371.36 subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT); critical thinking; vibrations and waves; Domino Card. note: Dr. Murtono, M.Si. abstract: Penerapan model Cooperative Learning tipe TGT penting karena tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga melatih peserta didik dalam menganalisis masalah, mengevaluasi informasi, membuat keputusan, dan menyampaikan argumen logis. Semua itu merupakan aspek fundamental dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil pembelajaran kelas eksperimen dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan media domino card dan kelas kontrol menggunakan discovery learning, (2) pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan media domino card terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment serta nonequivalent control group design dengan instrumen pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah kelas VIII 2 kelas dengan 28 anak masing-masing kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yakni variabel bebas yaitu model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dan variabel terikat yakni berpikir kritis. Beberapa uji yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji effect size digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari analisis data (1) Terdapat perbedaan hasil pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil uji independent t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan diantara kedua dan nilai uji paired sample t-test pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05, dan kelas kontrol diperoleh sig.(2-tailed) 0,12 > 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan ketika diberikan perlakuan. (2) Model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan media domino card berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis speserta didik pada materi getaran dan gelombang dari uji rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,5806 (sedang) dan nilai effect size sebesar 2,5 (tinggi). date: 2025-08-20 date_type: published pages: 235 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Mufidatunnisa, NIM.: 21104050035 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN DOMINO CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73633/1/21104050035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73633/2/21104050035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf