eprintid: 73636 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/36/36 datestamp: 2025-10-10 01:49:42 lastmod: 2025-10-10 01:49:42 status_changed: 2025-10-10 01:49:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Syifa Azzahroh, NIM.: 21104060011 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU CHEMUNO DWIBAHASA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA ispublished: pub subjects: 371.33 subjects: 540.7 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran dwibahasa; CHEMUNO; struktur atom; Sistem Periodik Unsur note: Nina Hamidah, S.Si, M.A. abstract: Peserta didik cenderung lebih aktif dan antusias saat pembelajaran kimia menggunakan media berbasis permainan, seperti Quizizz, dibandingkan hanya menggunakan buku teks atau penjelasan di papan tulis. Namun, media daring seperti Quizizz memiliki kendala teknis, seperti keterbatasan kuota internet dan perangkat, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran modern dalam bentuk cetak yang tetap interaktif dan mendorong keterlibatan sosial antar peserta didik. Salah satu media yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan adalah permainan kartu UNO, karena memiliki aturan yang sederhana serta meningkatkan interaksi antar peserta didik. Mengintegrasikan media pembelajaran dengan format dwibahasa dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik sekaligus literasi sains. Struktur atom dan sistem periodik unsur merupakan materi dasar yang menjadi materi prasyarat untuk peserta didik memahami materi materi kimia lain. Namun terdapat penelitian yang menyatakan 43,7% peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang kurang pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur. Penelitian lain menyebutkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok pembahasan struktur atom yaitu pada soal konsep dengan rata-rata 59,73% peserta didik masih menjawab salah. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan kartu CHEMUNO dwibahasa pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur kelas X SMA/MA, serta mengetahui penilaian kualitas dan respons peserta didik terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. CHEMUNO merupakan adaptasi dari permainan kartu UNO yang dimodifikasi dengan integrasi soal kimia serta penggunaan bahasa Indonesia dan Inggris untuk mendukung literasi sains sekaligus kemampuan bahasa asing. Subjek uji coba terbatas adalah 22 peserta didik kelas XI. Data diperoleh melalui validasi ahli materi, validasi ahli media, penilaian reviewer (guru kimia), dan angket respons peserta didik. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media CHEMUNO memperoleh skor validasi dari ahli materi sebesar 97,5% (kategori sangat baik) dan dari ahli media sebesar 97,5% (kategori sangat baik). Penilaian oleh reviewer menghasilkan skor 93% (kategori sangat baik). Respons peserta didik menunjukkan persentase keidealan sebesar 97% (kategori sangat baik). Melalui penilaian kualitas serta respon peserta didikk menunjukkan bahwa CHEMUNO dwibahasa layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efektif untuk membantu peserta didik memahami konsep dasar kimia sekaligus meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. date: 2025-08-20 date_type: published pages: 157 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Syifa Azzahroh, NIM.: 21104060011 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU CHEMUNO DWIBAHASA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73636/1/21104060011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73636/2/21104060011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf