%A NIM.: 21104060025 Adisya Rahmawati %O Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY OTHELLO (CHETHO) UNTUK PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA SMA/MA %X Pembelajaran kimia, sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sangat bergantung pada kegiatan eksperimen di laboratorium. Namun, masih banyak peserta didik di tingkat SMA/MA masih mengalami kesulitan dalam memahami pengenalan dasar laboratorium karena minimnya pengalaman praktik dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Keterbatasan fasilitas laboratorium di sekolah dan dominasi metode pengajaran teoritis menghambat pemahaman konseptual dan keterampilan praktis peserta didik dalam pengenalan laboratorium kimia, menunjukkan kebutuhan akan media pembelajaran inovatif yang dapat mengatasi kendala ini. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan yang diberi nama Chemistry Othello (CHETHO) untuk memperkenalkan materi laboratorium kimia kepada peserta didik, serta menganalisis karakteristik dan kualitas produk tersebut berdasarkan validasi ahli dan penilaian guru kimia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation), yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Produk CHETHO divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media, serta dinilai kualitas produk oleh lima guru kimia SMA/MA. Hasil validasi menunjukkan bahwa media CHETHO memperoleh kategori “Sangat Baik” dari ahli materi (persentase keidealan 96,78%) dan ahli media (persentase keidealan 92,3%). Penilaian dari lima guru kimia juga mengkategorikan produk ini “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 95%. Media ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran karena mampu meningkatkan pemahaman peserta didik, bersifat interaktif dan menyenangkan, serta mudah diterapkan di kelas maupun secara mandiri. %K chemistry othello; media pembelajaran; laboratorium kimia; permainan edukatif; ADDIE. %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73637