eprintid: 73638 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/36/38 datestamp: 2025-10-10 02:41:41 lastmod: 2025-10-10 02:41:41 status_changed: 2025-10-10 02:41:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Arrum Sumanding Zamani, NIM.: 21104070003 title: PENGEMBANGAN BOOKLET EKOSISTEM DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM GUCI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI ispublished: pub subjects: 570.7 divisions: pr_pendidikan_biologi_s1 full_text_status: restricted keywords: booklet; ecosystem; Taman Wisata Alam Guci; Biology learning sources note: Annisa Firanti, S. Pd. Si., M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tipe, komponen, dan interaksi ekosistem di kawasan Taman Wisata Alam Guci, (2) mengetahui pengembangan produk booklet ekosistem di kawasan Taman Wisata Alam Guci sebagai sumber belajar biologi, (3) dan mengetahui kualitas produk booklet ekosistem di kawasan Taman Wisata Alam Guci sebagai sumber belajar biologi. Penelitian dilakukan dua tahap yaitu penelitian ekosistem dan pengembangan booklet ekosistem di kawasan Taman Wisata Alam Guci sebagai sumber belajar biologi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif ketentuan purposive judgement sampling, menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang terbatas pada tahap Develop. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, angket penilaian ahli materi, ahli media, peer review, guru biologi, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe ekosistem di kawasan Taman Wisata Alam Guci berupa curug, perkebunan, sumber mata air panas, sungai, hutan pegunungan, dan pertanian. Komponen biotik terdiri atas tumbuhan, cendawan, lichen, dan hewan sedangkan komponen abiotik mencakup kelembaban udara, suhu udara, suhu air, kecepatan angin, kelembaban tanah, dan pH. Uji coba produk dilakukan pada 15 peserta didik SMA N 1 Bojong. Hasil validasi menunjukkan kualitas yang sangat baik: ahli materi (86%), ahli media (99%), peer review (97%), guru biologi (93%), dan respon peserta didik (89%). Secara keseluruhan, booklet memperoleh skor akhir 94% dan dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, booklet layak digunakan sebagai sumber belajar biologi. Selain itu, booklet dapat dimanfaatkan sebagai media promosi destinasi wisata, sarana edukasi konservasi, serta wahana pembelajaran yang menumbuhkan rasa kedekatan dengan alam. date: 2025-08-15 date_type: published pages: 285 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Arrum Sumanding Zamani, NIM.: 21104070003 (2025) PENGEMBANGAN BOOKLET EKOSISTEM DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM GUCI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73638/1/21104070003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73638/2/21104070003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf