TY - THES N1 - Mike Dewi Kurniasih, M.Pd. ID - digilib73639 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73639/ A1 - Chuurin?in, NIM.: 21104070004 Y1 - 2025/08/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kunci Determinasi Tumbuhan di Lingkungan Sekolah sebagai sumber belajar Biologi kelas X SMA/MA, menilai kelayakan produk LKPD, danmenganalisis respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi hingga tahap Develop. Subjek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru Biologi, dan 15 siswa kelas X MAN 1 Kulon Progo. LKPD ini dirancang dan disusun menggunakan Canva, mengidentifikasi tumbuhan di lingkungan sekolah, sehingga memudahkan pemahaman materi kunci determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan penilaian "sangat baik" dari validator: ahli materi (95%), ahli media (98%), dan guru Biologi (94%). Respon siswa juga positif dengan presentase keidealan 89%, terutama pada aspek penyajian dan keterlaksanaan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD Kunci Determinasi Tumbuhan layak digunakan sebagai sumber belajar Biologi dan efektif mendukung pembelajaran mandiri maupun kelompok. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Peserta Didik; kunci determinasi; sumber belajar M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KUNCI DETERMINASI TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA/MA AV - restricted EP - 133 ER -