eprintid: 73652 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/36/52 datestamp: 2025-10-14 04:06:05 lastmod: 2025-10-14 04:06:05 status_changed: 2025-10-14 04:06:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ni’matul Maula, NIM.: 21104080069 title: ANALISIS PELAKSANAAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KEBIASAAN DIRI DAN KEBUTUHAN TUBUH PESERTA DIDIK KELAS IIB SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Profil Pelajar Pancasila (P5), Pelaksanaan P5, Kebiasaan Diri note: Nisa Syuhda, S.S., M.Hum. abstract: Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Kurangnya pemahaman pendidik mengenai pelaksanaan P5, ketidaksesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan P5, keterbatasan dana pada pelaksanaan P5, dan peserta didik belum membiasakan diri untuk menjaga kesehatan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan P5 tema Bangunlah Jiwa dan Ranya sebagai Upaya Pengenalan Kebiasaan Diri dan Kebutuhan Tubuh Peserta Didik Kelas IIB SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, (1) pelaksanaan P5 di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta sudah sesuai dengan panduan P5 mulai dari tahap pemahaman, kesiapan ekosistem sekolah, desain, pengelolaan, dokumentasi dan pelaporan hasil, serta evaluasi dan tindak lanjut P5. (2) faktor pendukung meliputi: lingkungan sekolah dan orang tua yang mendukung, penggunaan sumber belajar yang beragam, dan peran aktif guru sebagai fasilitator. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: kurangnya pelatihan dari Dinas Pendidikan dan alokasi waktu yang terlalu padat. date: 2025-08-20 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ni’matul Maula, NIM.: 21104080069 (2025) ANALISIS PELAKSANAAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KEBIASAAN DIRI DAN KEBUTUHAN TUBUH PESERTA DIDIK KELAS IIB SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73652/1/21104080069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73652/2/21104080069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf