%0 Thesis %9 Skripsi %A Mayzihani, NIM.: 21106010003 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2025 %F digilib:73699 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Queuing System; Multi Channel - Multi Phase (MCMP); Community Health Center; POM QM %P 124 %T ANALISIS TEORI ANTRIAN DENGAN MULTI CHANNEL – MULTI PHASE (MCMP) PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DEPOK III YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73699/ %X Ketidakpuasan seseorang terhadap waktu tunggu merupakan masalah serius yang menuntut solusi. Saat waktu tunggu menjadi terlalu lama, hal ini berpotensi menimbulkan “kemarahan antrian” yang merupakan physical dan verbal abuse. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi sistem antrian di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Depok III Yogyakarta menggunakan software POM QM V5. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Depok III Yogyakarta menggunakan desain antrian Multi Channel - Multi Phase (MCMP), yaitu desain dengan banyak jalur dan banyak fasilitas layanan. Disiplin antrian yang diterapkan adalah disiplin antrian First In-First Out (FIFO) yaitu pasien yang datang lebih awal akan mendapatkan pelayanan lebih awal. Model antrian yang digunakan adalah model antrian (M/M/2): (FCFS/∞/∞), yaitu model antrian dengan banyak server yang tersedia pada tahap pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fasilitas pendaftaran, rata-rata jumlah pasien dalam sistem ( %Z Noor Saif Muhammad Mussafi, S.Si., M.Sc., Ph.D.