%0 Thesis %9 Skripsi %A Adil Nawwaf Farros, NIM.: 21104090006 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:73750 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Manajemen, Kepala Madrasah, Sistem Blok Kurikulum Merdeka. %P 223 %T MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI SISTEM BLOK KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73750/ %X Penelitian ini yang dilatar belakangi oleh implementasi sistem blok di MAN 2 Bantul membutuhkan kesiapan matang dari guru. Sebab, banyak guru yang telah lama mengajar dengan sistem konvensional dan mungkin kurang familiar dengan pendekatan baru ini. Sistem blok mengharuskan guru untuk mengelola waktu pembelajaran secara lebih panjang dalam satu sesi mata Pelajaran. Keputusan Menteri Agama nomor 347 tahun 2022 tentang pedoman implementasi kurikulum merdeka pada madrasah. Keputusan Menteri Agama tersebut berisi tentang memberikan ruang bagi madrasah untuk melakukan inovasi dalam metode pembelajaran, termasuk pendekatan sistem blok, seharusnya pihak sekolah melakukan inovasi pembelajaran dengan sistem blok. Namun dalam kenyataannya, sesuai dengan regulasi yang ada di MAN 2 Bantul belum melaksanakan aturan tersebut secara efektif, hal ini ditunjukkan oleh masih terbatasnya kesiapan guru dalam mengubah pola pembelajaran, kurangnya pelatihan dan pendampingan dalam menyusun perangkat ajar berbasis blok, serta belum meratanya pemahaman terhadap tujuan dan teknis pelaksanaan sistem blok itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk Pertama, Mengetahui Pengelolaan kepala Madrasah dalam Implementasi Sistem Blok Kurikulum Merdeka di MAN 2 Bantul. Kedua, dapat Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Sistem Blok Kurikulum Merdeka di MAN 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan narasumber dengan teknik non probability sampling jenis purposive, di mana informan dipilih secara sengaja berdasarkan kriteria 3M, mengetahui, memahami, dan mengalami topik yang diteliti, agar data yang diperoleh relevan dan mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Informan yang diwawancarai dalam penelitian ini berjumlah 11 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, kepala madrasah memiliki peran utama dalam menyukseskan implementasi sistem blok, di antaranya melalui penguatan koordinasi, pelatihan guru, serta fleksibilitas dalam penyusunan jadwal, Kedua, hambatan dalam implementasi sistem blok ini adalah Kendala utama meliputi keterbatasan pemahaman guru, adaptasi budaya kerja, dan evaluasi jangka panjang. Meski begitu, sistem ini efektif meningkatkan efisiensi dan daya serap belajar siswa. keterbatasan pemahaman guru terhadap sistem blok dan kebutuhan adaptasi metode pengajaran, kepala madrasah mampu menciptakan iklim kolaboratif yang mendorong inovasi dan perbaikan berkelanjutan. Faktor pendukung dakam implementasi sistem blok di MAN 2 Bantul adalah kepemimpinan kepala madrasah yang visioner dan suportif. Kata kunci: Manajemen, Kepala Madrasah, Sistem Blok Kurikulum Merdeka. %Z Syaefudin M.Pd.