eprintid: 73803 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/38/03 datestamp: 2025-10-17 07:28:38 lastmod: 2025-10-17 07:28:38 status_changed: 2025-10-17 07:28:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rayhanur Royyan, NIM.: 18104020062 title: TA'THIR TATBIQ TARIQAH SOROGAN FI TA'LIM KITAB FATHUL MU'IN LITARQIYYAH FAHM AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH LADA TALABAH FASL AL ALFIYYAH AL THANY FI MA'HAD AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Sorogan, Fathul Muin, Nahwu note: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I M.PD.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode sorogan pada pembelajaran kitab Fathul Muin di kelas Alfiyyah 2 Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah (2) mengetahui pengaruh penerapan metode sorogan terhadap peningkatan pemahaman ilmu nahwu santri kelas Alfiyyah 2 (3) mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun sumber data penelitian adalah dari santri kelas Alfiyyah 2, ustad sorogan, dan pengurus pondok. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan sedangkan dalam penelitian kuantitatif adalah uji Paired Sample T-Test dengan SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Metode sorogan yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nahwu dan sorof serta pemahaman fiqih. Kitab yang digunakan adalah kitab Fathul Muin dengan materi Muamalat. Adapun pelaksanaannya adalah santri membaca materi kemudian dijelaskan dan ustad mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi yang dibaca tadi. Dilaksanakan pada sore hari selama 45 menit. (2) Berdasarkan analisis nilai PreTest dan PostTest menggunakan uji Paired Sample TTest dengan SPSS versi 22 diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001. Sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan dalam uji Paired Sample T-Test, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara nilai PreTest dan Post Test yang artinya ada pengaruh penerapan metode sorogan terhadap peningkatan pemahaman ilmu nahwu dalam pembelajaran kitab Fathul Muin pada santri kelas Alfiyyah 2 Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. (3) Ada beberapa kelebihan dalam penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah diantaranya: berpengaruh terhadap pemahaman ilmu nahwu dan sorof; santri lebih cepat dalam memahami materi dan bisa mempertanggung jawabkan terhadap materi yang dibaca; terjalin hubungan yang erat antara santri dan ustad. Dan juga ada beberapa kelemahan, diantaranya: kurang efektif jika dalam satu kelompok terdapat banyak anggota; waktunya kurang; menimbulkan rasa bosan kepada santri karena sistem penerapannya yang terlalu monoton. date: 2022-11-10 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rayhanur Royyan, NIM.: 18104020062 (2022) TA'THIR TATBIQ TARIQAH SOROGAN FI TA'LIM KITAB FATHUL MU'IN LITARQIYYAH FAHM AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH LADA TALABAH FASL AL ALFIYYAH AL THANY FI MA'HAD AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73803/1/18104020062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73803/2/18104020062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf