TY - THES N1 - Drs. Tasman Hamami dan Dra. Hj. Afiyah, AS - Digitalisasi ID - digilib73813 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73813/ A1 - Maesarokh, NIM.: 90411375 Y1 - 1996/07/29/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pelajaran Al-Qur'an Hadits memiliki materi yang cukup banyak namun dengan alokasi waktu yang relatif terbatas, sehingga diperlukan metode pengajaran yang mampu mengaktifkan dan mengkreatifkan siswa, yaitu metode resitasi atau pemberian tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan diutamakannya metode resitasi dan mengukur efektivitas penerapannya dalam pengajaran Al-Qur'an Hadits pada siswa kelas III MTs Alhikmah II Benda Sirampog Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes yang dilakukan kepada sampel 44 siswa dari 220 siswa kelas III, serta kepala sekolah dan guru Al-Qur'an Hadits. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus t-test (uji-t) untuk menguji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor prestasi belajar siswa yang signifikan, di mana nilai tes meningkat setelah diterapkan metode resitasi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa metode resitasi memiliki pengaruh positif dan efektif dalam mengembangkan potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dalam pelajaran Al-Qur'an Hadits. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Resitasi KW - Al-Qur'an Hadits KW - Prestasi Belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PENGAJARAN AL QUR'AN HADITS DI KELAS III MTS AL HIKMAH II BENDA SIRAMPOG BREBES AV - restricted EP - 87 ER -