eprintid: 73814 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/07/38/14 datestamp: 2025-10-20 07:49:38 lastmod: 2025-10-20 07:49:38 status_changed: 2025-10-20 07:49:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023202034@uin-suka.ac.id creators_name: Zaedun, NIM.: 90421097 title: KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATAH SURADADI TEGAL ispublished: pub subjects: 492.7076 divisions: jur_pba full_text_status: public keywords: kemampuan bahasa Arab, penyusunan kalimat, nahwu, sharaf, MTs Al-Fatah Suradadi. note: Drs Ruslan Adjun - Digitalisasi abstract: Penelitian ini berjudul “Kemampuan Menyusun Kalimat Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Suradadi Tegal.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa Arab secara benar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut, baik dari segi penguasaan kaidah nahwu dan sharaf maupun dari penerapan dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MTs Al-Fatah Suradadi Tegal tahun pelajaran berjalan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung rata-rata nilai hasil tes kemampuan menyusun kalimat serta menafsirkan faktor penyebab kesalahan yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa Arab masih tergolong rendah. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menentukan susunan kata sesuai kaidah nahwu, terutama dalam penggunaan mubtada’, khabar, fa‘il, dan maf‘ul bih. Kesalahan umum juga ditemukan dalam penggunaan bentuk kata kerja dan kesesuaian antara jumlah fi‘liyah dan jumlah ismiyah. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan siswa antara lain kurangnya penguasaan tata bahasa Arab, minimnya latihan penyusunan kalimat, serta metode pengajaran yang masih berorientasi pada hafalan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan kemampuan menyusun kalimat Arab memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih komunikatif dan kontekstual, dengan memperbanyak latihan praktik dan penerapan kaidah nahwu-sharaf dalam kalimat sederhana. date: 1996-08-01 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zaedun, NIM.: 90421097 (1996) KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATAH SURADADI TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73814/1/90421097_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73814/2/90421097_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf