%0 Thesis %9 Masters %A Septika Bayzura, NIM.: 23204021006 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:73820 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Nearpod, Pendekatan Behaviorisme %P 173 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS NEARPOD DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 JATINOM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73820/ %X Latar belakang penelitian ini muncul dari kendala yang dihadapi siswa dalam memahami materi bahasa Arab yang dianggap asing dan terlalu sulit, sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi, minat, dan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis Nearpod dengan pendekatan behaviorisme yang menyajikan materi secara menarik dan interaktif serta mudah difahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana 1 SMK Muhammadiyah 1 Jatinom. Data dikumpulkan melalui beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan beberapa jenis uji statistik antara lain, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji paired sample t-test, uji N-Gain. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) konsep media pembelajaran berbasis nearpod dengan fitur materi slide, kuis interaktif, dan video animasi, menekankan pembelajaran melalui stimulus-respon, pembiasaan, pengulangan dan penguatan. 2) Media ini didesain dengan merancang tiga desain utama, yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan materi pembelajaran, dan media nearpod. Media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil evaluasi dari ahli media (87,28%), ahli materi (81,82%), dan respon siswa (81,44%). 3) Hasil implementasi memberikan efektivitas media dalam meningkatkan hasil belajar diuji melalui tiga pengujian: uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal yang berada di angka 0,080 pada nilai pretest dan 0,094 pada nilai posttest. Uji paired t-test menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest setelah menggunakan media pembelajaran dengan signifikansi sebesar 0,000 yang jatuh dibawah 0,005, serta uji N-Gain menunjukkan peningkatan nilai hasil belajar siswa pada kategori cukup efektif dengan skor sebesar 0,6143. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis nearpod terbukti memberikan pengaruh positif terhadap proses dan hasil belajar siswa pada materi bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom. %Z Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag.