eprintid: 7383 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/73/83 datestamp: 2013-04-24 13:23:54 lastmod: 2015-11-10 02:12:34 status_changed: 2013-04-24 13:23:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DWI ESTI WULANDARI , NIM. 08220049 title: KARAWITAN SEBAGAI TERAPI MUSIK ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Empat Anak di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta) ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted abstract: DWI ESTI WULANDARI, Karawitan Sebagai Terapi Musik Anak Autis (Studi Kasus Pada Empat Anak Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012 Penelitian ini merupakan deskripstif kualitatif dan dilihat berdasarkan tempat merupakan penenlitian lapangan (field reserch). Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk mengetahui bentuk layanan terapi musik yang diberikan untuk meningkatkan komunikasi anak autis, serta efektifitas terapi musik yang diberikan oleh terapis untuk meningkatakan komunikasi yang di alami oleh anak autis di Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta. Subjek penenlitian adalah empat anak anggota terapi musik yang mengalami kesulitan dalam komunikasi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini: 1) Bentuk terapi musik untuk meningkatkan komunikasi anak autis yang dilaksanakan di Sekolah Khusus autisme Bina Anggita Yogayakarta menggunakan beberapa bentuk seperti terapi musik karawitan sekar (vokal), terapi musik karawitan gendhing ( instrumen), dan terapi musik karawitan sekar gendhing( vokal dan Instrumen). 2) Terapi musik karawitan di Sekolah Autisme Bina Anggita Yogyakarta dapat dikatakan efektif karena anak mulai bisa berkomunikasi dua arah, membeo sudah berkurang, tingkat kefokusan yang dimiliki anak menjadi lebih meningkat sehingga terciptanya konsentrasi, anak yang semula tidak dapat memainkan alat musik gamelan kini dapat memainkannya, lebih bisa tenang dan menguasai diri. Kata Kunci: Terapi Musik, Karawitan dan Anak Autis date: 2012-11-13 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DWI ESTI WULANDARI , NIM. 08220049 (2012) KARAWITAN SEBAGAI TERAPI MUSIK ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Empat Anak di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7383/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7383/2/BAB%20II%2C%20III.pdf