%0 Thesis %9 Skripsi %A EKO TRIANTO, NIM. 09240001 %B FAKULTAS DAKWAH %D 2013 %F digilib:7384 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) YOGYAKARTA III SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7384/ %X Eko Trianto, 2013. ā€¯Implementasi Manajemen Strategi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta III, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakartaā€¯. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu agama, ilmu umum, dan ketrampilan. Seiring perkembangan jaman dalam dunia pendidikan selalu mengalami peningkatan dan pengembangan dalam proses pembelajaran. MAN Yogyakarta III yang awalnya hanya madrasah biasa, kemudian menjadi MAN Model (Percontohan) Yogyakarta pada tahun 1998, perpustakaan terbaik tingkat Nasional tahun 2007, Sekolah sehat Nasional tahun 2008, dan Sekolah Adiwiata tahun 2009-2010, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi manajemen strategik di MAN Yogyakarta III. Adapun implementasi manajemen strategik di MAN Yogyakarta III terdiri dari beberapa elemen seperti pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi pengendalian kinerja. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data, melaui wawancara (interviw), metode observasi, dan metode dokumentasi. Selanjutnya data yang peroleh tersebut kemudian diedit, dikode, direduksi, diverifikasi, dan dianalisis, untuk selanjutnya diinterpretasi guna menyimpulkan data dengan tambahan-tambahan dan kemudian disajikan untuk dipertanggungjawabkan. Hasil analisis penelitian di MAN Yogyakarta III, berawal pengamatan lingkungan internal dengan menerapkan budaya disiplin dan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) untuk semua warga madrasah, lingkungan eksternal di MAN Yogyakarta III dengan mengadakan kegiatan yang bersifat sosial. Perumusan visi dan misi MAN Yogyakarta III dengan mendatakan para ahli dan untuk mengamati realita yang ada dunia pendidikan, selanjutnya disesuaikan dengan teori, dan dirumuskan dengan tim perumus sehingga menghasilkan visi UngguL, TRAmpil, berPRIadi MAtang. (ULTRAPRIMA). Untuk penerapan implementasi berawal rapat tahunan pada tahun ajaran baru untuk menentukan program kerja dan anggaran kerja, selanjutnya dibentuk tim perumus untuk melaksanakan kegiaatan yang sudah disetujui Kepala Madrasah. Sedangkan untuk evaluasi dilaksanakan pada akhir tahun ajaran, bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam kinerja selama setahun.