TY - THES N1 - Drs. Akhmad Rifai, M.Phil. - Digitalisasi ID - digilib73840 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73840/ A1 - Ferdy Sury, NIM.: 95211879 Y1 - 2000/11/06/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya merealisasikan ajaran agama dan perlunya mengkaji uslub-uslub dakwah Rasulullah SAW dari sudut pandang disiplin psikologi komunikasi, mengingat komunikasi memiliki aspek eksternal dan internal (psikologis) . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap fenomena komunikasi di balik empat uslub dakwah yang digunakan Rasulullah SAW dan menguraikan dimensi-dimensi psikologi komunikasi dari dakwah tersebut . Empat uslub yang diteliti adalah Ta'liful Qulub (dianalisis dengan teori psikologi komunikator), Silaturrahim (dianalisis dengan teori komunikasi interpersonal), Muhadatsah (dianalisis dengan teori psikologi pesan), dan Tabsyr wa Tanzir (dianalisis dengan teori psikologi pesan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan disiplin ilmu dan jenis penelitian kepustakaan, mengumpulkan data dari berbagai literatur untuk diinterpretasikan maknanya . Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kredibilitas Rasulullah merupakan daya persuasi dakwah paling asasi dan fondasi pendukung. Dakwah melalui Silaturrahim (gerak aktif ke tempat-tempat manusia) memberikan peluang besar untuk menstimulasi ragam dimensi manusia (fisik maupun psikis). Hujjah dakwah Rasulullah senantiasa menstimulasi faktor kognitif (akal) dan afeksi (perasaan) , serta aplikasi uslub Tabsyr wa Tanzir berupaya memahami dan membangkitkan kebutuhan-kebutuhan dasar manusia yang merupakan kunci psikologis. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Uslub Dakwah KW - Psikologi Komunikasi KW - Ta'liful Qulub KW - Silaturrahim KW - Tabsyr wa Tanzir M1 - skripsi TI - EMPAT USLUB DAKWAH RASULULLAH SAW DITINJAU DARI PSIKOLOGI KOMUNIKASI AV - restricted EP - 83 ER -