%A NIM.: 94412694 Muh Zainal Ngabidin %O Dra. Hj. Meizer, M.Si. %T STUDI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL ABIDIN SURAKARTA %X enelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam modern di Indonesia yang berupaya mengintegrasikan ajaran agama (tradisi pesantren) dengan kemahiran teknologi terapan, menjadikannya sebuah model yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif (1) tujuan pendidikan Islam, (2) pelaksanaan pendidikan Islam, serta (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan di Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian meliputi pengurus, pengasuh, dan santri. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket (kuesioner) kepada santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta berhasil melaksanakan pendidikan Islam yang seimbang dengan mengintegrasikan kurikulum keagamaan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), terbukti dari materi dan metode pengajaran yang mencakup keduanya. Faktor pendukung utama adalah visi lembaga yang progresif, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi adalah keterbatasan sarana dan prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pesantren modern berbasis teknologi ini efektif dan relevan dalam melahirkan lulusan yang memiliki karakter keagamaan yang kuat sekaligus menguasai keterampilan teknologi, sesuai dengan tuntutan zaman modern. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Teknologi, Pelaksanaan Pendidikan, Pesantren Modern, Integrasi IPTEK. %K Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Teknologi, Pelaksanaan Pendidikan, Pesantren Modern, Integrasi IPTEK. %D 2000 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73867