eprintid: 73867 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/38/67 datestamp: 2025-10-23 02:53:27 lastmod: 2025-10-23 06:09:03 status_changed: 2025-10-23 02:53:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Muh Zainal Ngabidin, NIM.: 94412694 title: STUDI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL ABIDIN SURAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Teknologi, Pelaksanaan Pendidikan, Pesantren Modern, Integrasi IPTEK. note: Dra. Hj. Meizer, M.Si. abstract: enelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam modern di Indonesia yang berupaya mengintegrasikan ajaran agama (tradisi pesantren) dengan kemahiran teknologi terapan, menjadikannya sebuah model yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif (1) tujuan pendidikan Islam, (2) pelaksanaan pendidikan Islam, serta (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan di Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian meliputi pengurus, pengasuh, dan santri. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket (kuesioner) kepada santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta berhasil melaksanakan pendidikan Islam yang seimbang dengan mengintegrasikan kurikulum keagamaan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), terbukti dari materi dan metode pengajaran yang mencakup keduanya. Faktor pendukung utama adalah visi lembaga yang progresif, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi adalah keterbatasan sarana dan prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pesantren modern berbasis teknologi ini efektif dan relevan dalam melahirkan lulusan yang memiliki karakter keagamaan yang kuat sekaligus menguasai keterampilan teknologi, sesuai dengan tuntutan zaman modern. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Teknologi, Pelaksanaan Pendidikan, Pesantren Modern, Integrasi IPTEK. date: 2000-07-11 date_type: published pages: 129 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muh Zainal Ngabidin, NIM.: 94412694 (2000) STUDI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL ABIDIN SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73867/1/94412694_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73867/2/94412694_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf