TY - THES N1 - Dr. Muhajir, S.Pd.I., M.SI. ID - digilib73885 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73885/ A1 - Saariah, NIM.: 23204021003 Y1 - 2025/09/30/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat mah?rah alkal?m siswa MTs Negeri 9 Sleman karena pembelajaran masih didominasi metode ceramah dan media yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan menguji efektivitas multimedia berbasis video animasi dalam pembelajaran mah?rah al-kal?m. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba adalah 32 siswa kelas VII D MTs Negeri 9 Sleman, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Validasi kelayakan media video animasi dilakukan oleh enam validator yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli desain. Analisis data meliputi uji validitas, uji efektivitas berdasarkan aktivitas siswa dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia berbasis video animasi memperoleh kategori ?Sangat Layak? berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Arab. Respon siswa terhadap media ini juga sangat positif dengan persentase berada pada kategori ?Sangat Baik?. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat secara signifikan, ditunjukkan oleh hasil perhitungan persentase aktivitas yang berada pada kategori ?Sangat Baik?. Dengan demikian, multimedia berbasis video animasi dinyatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara mah?rah al-kal?m siswa kelas VII MTs Negeri 9 Sleman. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Multimedia KW - Video Animasi KW - Maharah Al-Kalam M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM PADA MTS NEGERI 9 SLEMAN AV - restricted EP - 190 ER -