relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73895/ title: UPAYA KH. SUYUTHI ABDUL QODIR DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA GUYANGAN TRANGKIL PATI creator: Sri Wahyuni, NIM.: 94412803 subject: Pendidikan Agama Islam description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya upaya dan perjuangan tokoh-tokoh pendidikan Islam, seperti KH. Suyuthi Abdul Qodir, yang perannya semakin hari semakin tidak dikenal, padahal jasanya tak terhitung nilainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui riwayat hidup dan aktivitas KH. Suyuthi Abdul Qodir dalam bidang Pendidikan Agama Islam di Desa Guyangan, mengetahui upaya yang ditempuh dalam mengembangkan kualitas Pendidikan Agama Islam, kendala yang dihadapi, dan keberhasilan yang dicapai. Metode yang digunakan adalah pendekatan historis , dengan pengumpulan data melalui metode historik dokumen, wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan analisa data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa KH. Suyuthi Abdul Qodir mendirikan madrasah dan pondok pesantren , dengan berjuang melalui jalur sekolah dan pondok pesantren. Kendala yang dihadapi antara lain kurangnya guru yang profesional dan terbatasnya sarana pendidikan. Keberhasilan yang dicapai meliputi peningkatan jumlah lulusan dan penyempurnaan kurikulum. Jasa-jasa beliau mencakup pembangunan sarana fisik dan non fisik. Kata Kunci: KH. Suyuthi Abdul Qodir, Pendidikan Agama Islam, Lembaga Pendidikan, Guyangan, Pengembangan Kualitas. date: 1999-06-01 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73895/1/94412803_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73895/2/94412803_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf identifier: Sri Wahyuni, NIM.: 94412803 (1999) UPAYA KH. SUYUTHI ABDUL QODIR DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA GUYANGAN TRANGKIL PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.