%A NIM.: 90411359 Rusti Asih %O Drs Tasman Hamami, MA. %T PENDIDIKAN ISLAM HUBUNGANNYA DENGAN PENGALAMAN KEAGAMAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI DUSUN SAMAN BANGUNHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan Islam dengan pengamalan keagamaan remaja putus sekolah di Dusun Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa banyak remaja di wilayah tersebut yang tidak dapat melanjutkan pendidikan formal akibat faktor ekonomi dan lingkungan, sehingga diperlukan pembinaan melalui pendidikan Islam luar sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode survei, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 45 remaja putus sekolah. Analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik korelasi kontingensi untuk mengetahui hubungan antara variabel pendidikan Islam dan pengamalan keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam luar sekolah, seperti kegiatan pengajian dan TPA di masjid, berperan penting dalam membentuk perilaku keagamaan remaja putus sekolah. Kegiatan tersebut meningkatkan pemahaman dan pengamalan ibadah mahdhah (shalat lima waktu) serta ibadah ghairu mahdhah (hubungan sosial kemasyarakatan). Dengan demikian, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pendidikan Islam luar sekolah dengan pengamalan keagamaan remaja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam di luar sekolah memiliki kontribusi besar terhadap pembinaan moral dan spiritual remaja yang tidak lagi mengikuti pendidikan formal. Oleh karena itu, dukungan masyarakat, keluarga, dan lembaga keagamaan sangat dibutuhkan untuk memperluas peran pendidikan Islam dalam membentuk generasi muda yang beriman dan berakhlak mulia. %K pendidikan Islam, remaja putus sekolah, pengamalan keagamaan, pengajian, pembinaan moral. %D 1995 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73898