eprintid: 73903 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/07/39/03 datestamp: 2025-10-24 08:44:03 lastmod: 2025-10-24 08:44:03 status_changed: 2025-10-24 08:44:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023202034@uin-suka.ac.id creators_name: Nurul Hidayah, NIM.: 90411307 title: PENDEKATAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: psikologi humanistik, pendidikan agama Islam, belajar mengajar, aktualisasi diri, pendekatan humanis. note: Drs. Abdul Shomad, MA - Digitalisasi abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep psikologi humanistik dan bagaimana penerapannya dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI), sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, dialogis, dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Sumber data diperoleh dari literatur yang membahas teori-teori psikologi humanistik, terutama gagasan Abraham Maslow dan Carl Rogers, serta berbagai referensi pendidikan Islam yang relevan. Data dianalisis secara deskriptif-analitis dengan menyoroti keterkaitan antara prinsip-prinsip humanistik dan nilai-nilai pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi humanistik menempatkan peserta didik sebagai subjek aktif dalam pembelajaran yang memiliki potensi untuk berkembang secara utuh—baik secara intelektual, emosional, maupun spiritual. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam, pendekatan ini menekankan pentingnya suasana belajar yang terbuka, dialogis, dan penuh empati, di mana guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing dan memotivasi peserta didik menuju aktualisasi diri (self-actualization). Nilai-nilai seperti kasih sayang, penghargaan terhadap kebebasan berpikir, dan pembinaan moral menjadi bagian integral dalam pendekatan ini. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan psikologi humanistik dapat menjadi alternatif efektif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena sejalan dengan nilai-nilai Islam yang menekankan penghormatan terhadap martabat manusia, kebebasan berpikir, dan pengembangan potensi diri secara menyeluruh. date: 1995-12-30 date_type: published pages: 195 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurul Hidayah, NIM.: 90411307 (1995) PENDEKATAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73903/1/90411307_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73903/2/90411307_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf