TY - THES N1 - Pendidikan Agama Islam, Metodologi Pembelajaran, Kurikulum PAI ID - digilib73921 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73921/ A1 - Musthofa Kamali, NIM.: 90411283 Y1 - 1995/07/26/ N2 - Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya maksimal untuk meningkatkan ketakwaan dan kecerdasan anak asuh di Panti Asuhan Putro Widodo Ponorogo, mengingat peran panti asuhan sebagai lembaga sosial yang memegang amanat keluarga dalam mengisi pendidikan agama anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan PAI, mendapatkan gambaran tentang materi dan metode PAI, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, sekaligus memberikan alternatif pemecahannya di Panti Asuhan Putro Widodo Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, interview (wawancara terstruktur), dan dokumentasi. Pendekatan analisis data yang dipakai adalah deskriptif non-statistik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PAI di panti asuhan bersifat non-formal dengan tujuan membimbing anak agar menjadi muslim sejati, beriman teguh, serta berguna bagi masyarakat, agama, dan negara. Materi PAI di sana pada hakikatnya sama dengan materi PAI pada umumnya, yaitu berkisar pada masalah akidah, ibadah/syariah, akhlak, serta Al-Quran. Namun, secara perspektif psiko-edukatif, kesimpulan penelitian menyarankan agar kesesuaian materi dan metode PAI perlu diadakan penyempurnaan, yaitu dengan memisahkan pengajaran menurut usia perkembangan dan kematangan anak, disesuaikan dengan usia SD, SLTP, dan SLTA. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Drs. H. Suyadi dan Drs. H. Muhammad Rofangi - Digitalisasi M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN PUTRO WIDODO KABUPATEN PONOROGO AV - restricted EP - 117 ER -