TY - THES N1 - Drs. Tasman Hamami, MA dan Drs. H. Mangun Budianto - Digitalisasi ID - digilib73922 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73922/ A1 - Abdul Sahid, NIM.: 90411250 Y1 - 1997/08/05/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) sebagai lembaga pendidikan nonformal yang tidak hanya mengajarkan kemampuan baca-tulis Al-Quran, tetapi juga membina pengamalan ibadah, khususnya shalat, di kalangan anak-anak usia Sekolah Dasar di Kecamatan Kraton, Kodya Yogyakarta. Kondisi geografis wilayah penelitian yang strategis dikhawatirkan dapat memengaruhi nilai-nilai agama, sehingga kemampuan lembaga TPA dalam membimbing ibadah perlu dikaji. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keaktifan santri TPA, tingkat pengamalan shalat anak, serta menguji korelasi positif antara keaktifan mengikuti pengajaran TPA dengan pengamalan shalat anak, termasuk pengaruh latar belakang keagamaan keluarga terhadap pengamalan shalat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi (penelitian lapangan) yang berlokasi di TPA se-Rayon Kecamatan Kraton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan mengikuti pengajaran TPA dengan pengamalan shalat anak, yang berarti semakin aktif santri mengikuti pelajaran di TPA, semakin baik pula pengamalan shalat mereka. Selain itu, latar belakang keagamaan keluarga juga memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap pengamalan shalat anak (Asumsi berdasarkan hipotesis dan rumusan masalah). Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa TPA memiliki peran yang besar dalam membentuk kebiasaan shalat anak dan didukung oleh kondisi keagamaan di lingkungan keluarga. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Aktivitas TPA KW - Pengamalan Shalat KW - Karakter Anak M1 - skripsi TI - AKTIVITAS MENGIKUTI PENGAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN DAN PENGALAMAN SHALAT ANAK DI KECAMATAN KRATON KODYA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 121 ER -