TY - THES N1 - Drs. H. Mangun Budiyanto - Digitalisasi ID - digilib73937 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73937/ A1 - Nuriani, NIM.: 93412397 Y1 - 1998/06/18/ N2 - Salah satu tema sentral pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar yang dicanangkan oleh pemerintah adalah anak dapat membaca Al-Quran dengan baik. Sekolah Dasar Samirono merupakan lembaga formal merasa kesulitan untuk memenuhi dan mewujudkan tujuan Pendidikan Agama Islam. Dari pengalaman penulis ternyata ada beberapa siswa kelas tiga SD Samirono yang belum bisa membaca Al-Qur·an. Hal demikian tidak lepas dari keterbatasan waktu yang tersedia untuk mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar, syaratnya materi yang akan diajarkan, faktor kesibukan guru agama, serta faktor keanekaragaman latar belakang dari masing-masing siswa. Untuk mengatasi kesulitan ini perlu diadakan terobosan baru yang mendukung tercapainya tujuan PAI di SD Samirono. Penelitian ini menggunakan analus data kuantitatif dan kualitatif. Kemudian untuk metode penelitaian dengan metode te, observasi, interview, angket (kuesioner) dan domentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1. Pelaksanaan Program Tutorial Hembaca Al-Qur'an di SD Samirono sudah berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan diharapkan oleh Badan Silaturrahmi Pengajian Anak-anak (SPA) Kee. Depok Sleman Yogyakarta. 2. Hasil pelaksanaan Program Tutorial Membaca Al-Qur'an di SD Samirono sudah tercapai sesuai dengan apa yang ditargetkan, yaitu : a). Dalam mengikuti pengajian di sekolah (PTHAQ), 82,35% siswa telah rnengikuti kegiatan dengan aktif. b). PTHAQ telah mampu merubah kemampuan anak menjadi anak yang memiliki bekal dasar membaca Al-Qur'an. Hasil penelitian mehunjukkan 88,24% siswa telah lulus jilid 6 dan sudah di Al-Qur'an. Dari jumlah siswa yang telah berhasil tersebut, 82,35% siswa PTHAQ SD Samirono telah mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan lancar. 3. Dalam pelaksanaan Program Tutorial Membaca Al-Qur'an dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. a. Faktor pendukung Program Tutorial Membaca Al-Qur'an adalah adanya kegiatan yang terprogram, kerjasama yang baik dengan sekolah, kreativitas dan kualitas pra tutordan adanya partisipasi dan aktivitas siswa dalam mengikuti proram. b. Faktor yang menghambat antara lain: urang terjaminnya kesejahteraan para pengurus harian PTHAQ, saratnya materi, kurangnya pertemuan dengan pihak sekolah, ketidak hadiran para tutor, perbedaan daya kreatifitas para tutor, siswa tidak masuk/tidak hadir, adanya beberapa siswa yang tidak naik kelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - anak didik; Pendidikan PTMAQ; SD Samirono M1 - skripsi TI - STUDI TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM TUTORIAL MEMBACA AL-QUR?AN (PTMQ) BAGI SISWA SD SAMIRONO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 117 ER -