eprintid: 73945 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/39/45 datestamp: 2025-10-27 05:12:53 lastmod: 2025-10-27 05:12:53 status_changed: 2025-10-27 05:12:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nurmawati, NIM.: 93412433 title: STUDI TENTANG SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN IQRO’ DESA WONODADI, KECAMATAN GADINGREJO, KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG (TINJAUAN MATERI DAN METODE PENDIDIKAN) ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: kurikulum; metode Pendidikan; pengasuh note: Drs. H. Muallif Syahlani - Digitalisasi abstract: Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan yang turut menyiapkan generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas, beriman, dan bertaqwa. Melalui lembaga inilah para santri dididik dan dilatih sebagai bekal bila nanti mereka terjun di masyarak:at. Di dalam pondok pesantren berlangsung kegiatan belajar mengajar sebagaimana lembaga­lembaga pendidkan umum, seperti sekolah dan madrasah. Dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan komponen materi dan metode. Materi dan metode harus memiliki kesesuaian dengan tujuan maka pendidikan tersebut agar berhasil. Hal inilah yang akan peneliti lakukan secara khusus mengenai materi dan metode yang diterapkan di pondok pesantren lqro' Desa Wonodadi, kecamatan Gadingrejo, kabupaten Tanggamus, Lampung. Subjek penelitian ini dengan populasi dan Teknik sampel. Kemudian metode pengambilan data dengan metode interview (wawancara), observasi, dokumentasi dan angket. Analisa data dengan deskriptif analitik meliputi metode indukttif dan deduktif. Kesimpulan penelitian ini adalah materi pembelajaran di pesantren Pondok Pesantren Iqro’ Desa Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu materi tekstual dan materi amaliyah. Materi tekstual mencakup enam pelajaran utama: Fiqih, Hadis, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Tauhid, Akhlak, dan Tafsir yang diajarkan secara bertingkat sesuai kemampuan santri. Sementara itu, materi amaliyah meliputi kegiatan keagamaan seperti ceramah, shalat malam, dan puasa sunnah yang bertujuan membentuk santri menjadi pribadi berilmu dan berakhlak. Dalam pelaksanaannya, digunakan delapan metode pembelajaran: ceramah, latihan, tanya jawab, diskusi, menghafal, almau‘idhoh, uswatun hasanah, dan qishah. Metode-metode ini dinilai efektif dan umum digunakan di berbagai lembaga pendidikan, sehingga proses belajar di Pondok Pesantren Iqro’ dapat berlangsung dengan baik dan lancar. date: 1999-06-10 date_type: published pages: 90 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurmawati, NIM.: 93412433 (1999) STUDI TENTANG SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN IQRO’ DESA WONODADI, KECAMATAN GADINGREJO, KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG (TINJAUAN MATERI DAN METODE PENDIDIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73945/1/93412433_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73945/2/93412433_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf