eprintid: 73948 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/39/48 datestamp: 2025-10-27 06:29:20 lastmod: 2025-10-27 06:29:20 status_changed: 2025-10-27 06:29:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Hamid Abdul Basit, NIM.: 93412434 title: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL FITRAH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Drs. Ahmad Warid, MA - Digitalisasi abstract: Mencari ilmu adalah merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam baik laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu pondok pesantren dapat merupakan suatu lembaga pendidikan dan wadah bagi generasi muda dalam rangka melakanakan kewajibannya yaitu menuntut ilmu. Sehingga juga merupakan suatu hal yang menarik bagi penulis untuk mengadakan penelitian tentang bagaimana proses pelaksanaan belajar mengajar pendidikan agama Islam di pondok pesantren Al Fithrah Jejeran Wonokromo Pleret Bantu) Yogyakarta, sebagai salah satu pondok pesantren yang juga menampung generasi muda untuk menuntut ilmuĀ­ilmu agama Islam. Subjek penelitian ini adalah pengasuh, Ustadz, Pengurus dan Santri (siswa). Untuk metode pengumpulan data dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Penelitian ini berifat kualitatif dengan analisis data induktif dan deduktif. Kesimpulan penelitian ini: 1. Melalui proses kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan agama Islam yang dilaksanakan pondok pesantren Al Fithrah Jejeran telah banyak memberikan peran dan sumbangannya dalam meningkatkan pengertian, pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran agama lslam khususnya bagi para santri yang belajar di dalamnya, dan umumnya juga bagi masyerakat Jejeran dan sekitarnya. 2. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, pondok pesantren Al Fithrah menggunakan beberapa sistem pengajaran yaitu: Sistem sorogan, bandongan dan sistem madrasah (klasikal). 3. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, di pondok pesantren Al Fithrah Jejeran terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor-faktor tersebut adalah: a. Faktor Peodukung: 1). Dari dalam, kedisiplimm parn ustadz dalam mengajar, kemampuan ustadz dalam menarik perhatian dan dalam memanfaatkan suasana, kesungguhan para santri dalam mengikuti pelajarn.n dan juga daJam mengikuti kegiatan yang ada, clan tersedi,mya sarana dan prasarana yaug cukup memadai. 2). Dari luar : keadaan wilayah atau lingkungan yan.s strntegis dan jauh dari kebisingan kota, keadaru1 masyarakat yang mayoritas beragruna Islam serta keadaan masyarakat sekitar yang mudah diajak kerja sama. b. Faktor penghambat, Terbatasnya dana yang tersedia untuk lebih meningkatkan lagi mutu keberadaan pondok pesantren, masih banyaknya santri yang terlambat dalam membayar syahriyah yang lial itu akrm mempen. date: 1999-06-23 date_type: published pages: 101 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hamid Abdul Basit, NIM.: 93412434 (1999) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL FITRAH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73948/1/93412434_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73948/2/93412434_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf