%0 Thesis %9 Skripsi %A Aghna Choirul Hawa, NIM.: 21102010086 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2025 %F digilib:73966 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Radio, Gen Z, Media, Dakwah %P 104 %T STRATEGI RRI PRO 2 YOGYAKARTA DI ERA DIGITALISASI BAGI GEN Z SEBAGAI MEDIA DAKWAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73966/ %X Penelitian ini dilandasi oleh perkembangan pesat media massa dan tantangan radio dalam mempertahankan eksistensi di tengah dominasi media digital, khususnya di kalangan Generasi Z yang cenderung beralih ke teknologi modern. Meskipun RRI sebagai lembaga penyiaran publik memiliki peran penting, porsi siaran dakwah pada RRI Pro 2 Yogyakarta yang menyasar Gen Z masih sangat terbatas, yakni hanya 5 menit perhari atau 0,44% dari total siaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran RRI Pro 2 Yogyakarta bagi Generasi Z sebagai media dakwah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis dan perilaku yang diamati, serta bertujuan melukiskan fakta atau karakteristik secara faktual dan cermat. Pada hasil penelitian ditemukan bahwa RRI Pro 2 mengusung konsep radio anak muda dengan sajian musik dan informasi inspiratif dan dinamis, menargetkan pendengar usia 19-39 tahun. Meskipun telah mengadopsi digitalisasi melalui radio streaming dan media sosial, program dakwahnya hanya terbatas pada ceramah agama singkat setiap pagi. Keterbatasan ini menjadi masalah dalam penyampaian informasi keagamaan yang komprehensif bagi Generasi Z. Kata kunci: Radio, Gen Z, Media, Dakwah %Z Drs. Mukhammad Sahlan, M.Si